Monday, January 27, 2014

8 Sifat Untuk Sukses



Tulisan ini merupakan resume dari buku Richard St. John dengan judul asli ‘8 To be GREAT’. Saya menyarikannya dari versi terjemahan bahasa Indonesia, terbitan  Gramedia 2011, dengan judul ‘8 To be GREAT’: 8 Sifat Untuk Sukses’.

Kenapa hanya 8 sifat? Bukankah seharusnya untuk menjadi orang sukses itu harus memiliki semua sifat yang baik. Mungkin puluhan sifat atau bahkan ratusan. Ya, bisa jadi. Namun oleh Richard St John, sudah dihimpun dalam 8 sifat utama saja. Bukan berarti sifat-sifat lain tidak mendukung.

8 Sifat Untuk Sukses ini merupakan hasil ‘pencarian’ dari penulis untuk sebuah pertanyaan ‘Kenapa Anda bisa Sukses?’ yang suatu ketika dilontarkan oleh seorang gadis yang duduk bersebelahan dengannya pada suatu penerbangan menuju sebuah konferensi di California.’ Sayangnya, saat itu John belum bisa menjawabnya.

Untuk beberapa waktu pertanyaan itu menjadi berkecamuk dalam pikirannya. Dan pertanyaan itu lah yang kemudian mengantarkannya kepada sebuah proyek wawancara dengan 500 orang sukses di dunia. 500 wawancara dengan orang sukses demi sebuah misi untuk menemukan jawaban: ‘Kenapa Anda bisa Sukses?’  atau ‘Apa yang membuat Anda Sukses?’.

John melakukan wawancara dengan 500 orang sukses itu selama sepuluh tahun. Semua hasil wawancaranya dipilih dan dipilah. Kemudian dipisahkan berdasarkan kepeminatan dan keahlian para tokoh tersebut. Mulai dari olahragawan, actor, seniman, ilmuwan, peneliti, fotografer, politisi, hingga salesman/saleswoman. Setelah mengelompokkan pada sifat-sifat wajib yang dimiliki oleh orang sukses, maka jadilah buku panduan tersebut.

Setidaknya ada tigapuluhan sifat sukses yang banyak dijumpainya pada setiap kali tokoh yang diwawancarainya itu menjawab. Namun tidak semua tokoh memiliki ketigapuluh sifat tersebut. John belum puas dengan simpulannya ini. Terlalu banyak. Kemudian dia mengerucutkannya lagi dalam beberapa sifat saja, yang kesemuanya dimiliki oleh 500 orang sukses tersebut. Artinya, beberapa sifat ini lintas profesi, lintas kepeminatan. Mau profesi dan keahlian apapun jika memiliki kesemua sifat wajib ini pasti sukses, demikian John berargumen.

Apa saja sifat-sifat yang wajib dimiliki untuk menjadi orang sukses tersebut? Total adal 8 sifat. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Pertama: Passion
Passion adalah sebuah langkah awal. ‘Kerjakan apa yang kau cintai, atau cintai apa yang kau kerjakan’ merupakan kalimat ajakan yang luar biasa oleh para motivator untuk menumbuhkan passion para muridnya. Dengan passion, orang sukses telah mengubah suatu yang ‘mustahil’ menjadi riil. Mengubah yang langka menjadi nyata. Orang-orang sukses selalu mencintai apa yang mereka kerjakan. Passion dapat mengubah mereka yang berprestasi rendah menjadi berprestasi melimpah. From zero to be hero.

Kedua: Kerja
Tidak ada orang sukses yang tidak bekerja keras. Semuanya bekerja keras. Mereka menemukan kesenangan saat bekerja. Mereka bukan workaholic  (kecanduan kerja) , tapi mereka workafrolics (penggemar kerja). Jelas, workaholic dan workafrolic adalah berbeda. Kecanduan kerja dapat membuat mereka membanting tulang dengan raut muka yang masam. Dan kecanduan kerja dapat menyebabkan kesehatan dan hubungan social mereka amburadul. Tentu itu tidak benar.

Workafrolic  adalah penggemar kerja.  Bekerja adalah menemukan kesenangan. Seperti yang disampaikan oleh pendiri  perusahaan periklanan Chiat/Day, Jay Chiat berikut ini: ‘Bekerja sangatlah menyenangkan. Jika Anda tidak bersenang-senang, Anda melakukannya untuk alasan yang salah. Atau ungkapan Jack Welch, CEO General Electric: ‘Bisnis adalah ide-ide, kesenangan, kegembiraan, selebrasi dan semua yang menyenangkan’. Orang-orang workafrolic tidak memilik garis pembatas antara pekerjaan dan kesenangan- semuanya berputar menjadi satu.

Ketiga: Fokus
Banyak sudah contoh orang sukses adalah mereka yang fokus pada satu bidang saja. Stop lah keinginan Anda untuk menguasai banyak hal sekaligus. Bisa jadi Anda akan menguasainya, tapi percayalah prestasi Anda tidak akan super untuk semua hal. Saran John dalam bukunya tersebut, fokuslah pada satu hal saja!

Susan Ruptash, seorang arsitek handal, yang juga dikutip dalam buku John ini menyebutkan:  ‘Memiliki fokus sangatlah penting. Banyak orang bekerja sangat keras, tetapi mereka tidak terfokus. Mereka kesana-kemari mencoba terlalu banyak hal, hinggga pekerjaan yang mereka jalani justru menjadi amburadul.

Keempat: Motivasi
Motivasi adalah bahan bakar yang selalu diperlukan untuk membuat mesin asa dan hidup Anda tetap menyala. Anda butuh motivasi, bagaikan butuhnya Anda terhadap mandi. Perlu motivasi setiap hari. Dan sifat keempat dari orang sukses itu adalah mereka mampu memotivasi dirinya sendiri. Tiada motivator yang paling unggul kecuali motivator yang hidup dalam diri Anda sendiri. Ya, Anda sendirilah motivator terhebat yang dapat mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang luar biasa.

David Gallo, ilmuwan laut yang terkenal, berkata pada John dalam wawancaranya: ‘Motivasilah dirimu sendiri. Hasilnya luar biasa, Teman. Selalu. Secara fisik, mental, kamu harus mendorong dirimu sendiri, dorong , terus, terus.’

Kelima: Ide
Ide menerangi jalan menuju sukses. Ide membantu Anda untuk tetap menemukan solusi pada setiap problem yang muncul. Ide membedakan Anda dengan yang lainnya. Ini yang dapat dilihat pada 500 orang sukses yang diwawancarai John tersebut. Lihatlah mereka dengan ide-idenya yang menakjubkan itu.

Contoh orang sukses yang memiliki ide dahsyat adalah Bill Gates. Dia berkata, ‘Saya punya suatu ide, mendirikan perusahaan piranti lunak microcomputer pertama.’ Dan, ide kecil tersebut menjadikan Bill raksasa dalam dunia teknologi dan juga menjadikannya manusia terkaya sedunia.

Ted Turner, pendiri CNN, juga memiliki ide dahsyat ini. Saat stasiun TV biasa hanya menanyangkan berita selama beberapa kali saja dalam sehari. Ia ingin melihat berita kapan pun ia mau, dan--- Ia muncul dengan ide mengenai CNN, jaringan berita kabel 24 jam pertama di dunia. Selanjutnya, kesuksesan luar biasa yang diraihnya dengan permulaan dari ide itu

Keenam: Pengembangan Diri
Sifat selanjutnya yang dimiliki oleh orang-orang sukses adalah: mereka secara konstan MEMPERBAIKI diri mereka sendiri dan kinerja mereka, entah itu berkaitan dengan karier, proyek, produk, atau layanan.

Tidak ada orang sukses yang berhenti belajar. Berhenti mengembangkan dirinya. Tidak Ada. Mereka terus memperbaiki diri. Prinsip mereka dalam bekerja adalah: make it better, better, better. Jangan cepat berpuas diri. Selalu ada area perbaikan yang bisa dilakukan.

Untuk mendapatkan hasil yang better, better, dan better, mereka terus berlatih, berlatih, dan berlatih. Seperti yang disampaikan oleh Martha Graham, seorang koreografer berikut ini, ‘Kita belajar dari latihan-latihan. Entah mau dikatakan: belajar menari asalnya dari  berlatih menari atau belajar hidup berasal dari berlatih hidup, tetap prinsip keduanya sama.’

Ketujuh: Melayani
Sifat ketujuh yang dimiliki oleh orang-orang sukses ini adalah: mereka MELAYANI orang lain. Jika sifat pertama hingga sifat keenam tadi berfokus pada DIRI sendiri, kini saatnya teropong Anda diarahkan keorang lain.
Orang-orang sukses itu tidak hanya sukses untuk dirinya sendiri, tapi bagaimana manfaatnya terhadap orang lain. Belumlah sukses jika Anda masih berkutat pada kepentingan diri sendiri.

Melayani orang lain adalah kunci orang untuk menjadi kaya. Melayani orang lain akan membawa kekayaan hidup yang sesungguhnya. Semangat pelayanan dan memberi kepada orang lain ini sejalan dengan semangat berikut: ‘The more you give, the more you receive’- Semakin banyak yang Anda beri, semakin banyak yang Anda terima. Dan, it’s absolutely TRUE!

Kedelapan: Tekun
Sifat kedelapan ini menunjukkan seberapa kuat Anda sebenarnya. Banyak orang yang awalnya memiliki potensi besar untuk sukses, namun jadi gagal di tengah jalan, karena mereka tidak tekun. Orang-orang sukses sangat paham akan sifat ini. Mereka terus berjuang, berbuat dengan tekun, persistence action. Hasilnya, spektakuler!

Menurut John, ketekunan menjadi sangat penting karena kita memiliki banyak hal sekaligus: daya tahan, ketabahan, stamina, determinasi, keteguhan, dan ketegaran.

Ingin menjadi sukses? Tekunlah. Layani orang lain. Terus kembangkan diri. Munculkan ide-ide dahsyat. Motivasi diri Anda. Fokuslah pada apa yang Anda kuasai. Gemari pekerjaan Anda. Tumpahkan cinta dan passion Anda untuk semua itu.
Sampai jumpa di titik SUKSES.