Thursday, November 7, 2013

1 Muharram 1435 H.

Assalamu'alaikum wr wb.
Selamat pagi bapak, ibu, sdr/-i semua.

Momen yang kita (kaum muslimin) peringati hari ini sebagai hari pertama dalam kalender Islam adalah titik mula yang dicatat oleh sejarawan sebagai kebangkitan penyebaran Islam di masa awal.

1 Muharram di tahun 1 Hijriyah, adalah hari hijrahnya Rasulullah SAW beserta para sahabat dari Makkah.

Saat halangan, hinaan, caci-maki, bahkan ancaman pembunuhan terus berlangsung di awal penyebaran Islam di Makkah, nabi Muhammad SAW dengan bimbingan wahyu memutuskan untuk berhijrah. Hijrah pertama ke Ethiopia atau Habasyah. Setelah itu, hijrah dengan rombongan yang lebih banyak ke Yatsrib. Waktu hijrah ke Yatsrib inilah yang disebut sebagai awal tahun hijriyah/Hijrah. Ada beberapa versi, namun hal inilah yang paling masyhur dalam sirah kenabian.

Keberanian untuk hijrah bukan karena alasan takut dibunuh, ditindas, atau lainnya. Tetapi lebih karena alasan tercapainya tujuan yang lebih besar.

Pada kondisi sosial kontemporer kita, konsep hijrah telah bertransformasi dalam berbagai hal. Bisa berupa alasan mencari pendidikan, kekayaan, ketenaran, kesejahteraan, dan hal lainnya. Tinggal tentukan niat kita, apakah semata demi 'dunia' atau niat karena taqarrub ilallah'. It's our choice!

Selang beberapa tahun hijrah, setelah begitu banyak peristiwa yang dialami oleh baginda Rasulullah SAW dan para sahabat di Yastrib, Rasulullah dan rombongan kembali lagi ke Makkah untuk menaklukkannya. Persiapan dan perencanaan yang matang ditambah dengan kerja keras, kerja cerdas dan minta kekuatan dari Allah SWT, proses penaklukan kembali kota Makkah ini dicapai dengan hasil yang gemilang. Peristiwa inilah yg kita kenal sebagai 'fathul Makkah'.

Bagaimana dengan hijrah kita hari ini? Atau pertanyaan yg lebih mendasar lagi: 'Apakah kita sudah hijrah?' Jika sudah, apakah hijrah kita sudah menuju ke arah yg lebih baik dan dengan niat ibadah kepada Allah SWT?

Semoga spirit hijrah demi cita-cita yang lebih baik dan hasil yg lebih gemilang ini senantiasa tertancap dalam sanubari. InsyaAllah!

Selamat merayakan tahun baru Islam, 1 Muharram 1435 H.

Salam,

Feri S.
221A8441