Sabtu, 28 September 2013

Pengertian SEO

Setelah 4 tahun berselang memiliki blog sederhana www.feribatahan.blogspot.com, baru-baru ini saja saya baru 'agak' mengerti kenapa para pengelola web, blogger, dan para pegiat internet berlomba-lomba menjadikan web-nya SEO. Ternyata web yang SEO sangat menentukan jumlah traffic ke web kita. Blog saya selama bertahun-tahun itu ada di rank 20jutaan di Alexa. Setelah menerapkan beberapa tips SEO, kini sudah menembus di 2 jutaan rank Alexa global. Lumayan.

Lalu, apa siy sebenarnya SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Optimasi Mesin Pencari. Wikipedia Indonesia memberikan pengertian SEO sebagai berikut: Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Tujuan utamanya tentu adalah meningkatkan traffic ke web tertentu. Ilustrasi dampak dari situs yang SEO adalah mereka yang tampil pada halaman pertama dan teratas pada mesin-mesin pencari (search engines) seperti google, ezcybersearch, websearch, dll.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana membuat web/situs kita menjadi yahud dalam SEO? Ada banyak tips yang dapat dilakukan. Karena saya bukanlah master atau pun ahli SSO, maka saya menganjurkan pembaca sekalian untuk menyimak artikel berikut:

Saya ambil dari situs mas Joko Susilo [www.jokosusilo.com].

Langkah-langkah Menerapkan SEO

Secara dasar, SEO dibagi dua yaitu SEO on-page dan off page. SEO on page berupa pembenahan di dalam situs web sedangkan off-page merupakan optimasi dari luar web anda.
Langkah-langkahnya bagaimana?
1. Riset keyword
Jika situs web anda masih baru, anda perlu tahu apa saja keyword-keyword yang perlu anda kuasai. Contohnya, misal suatu web bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Anda bisa gunakan keyword tool untuk mengetahui jumlah pencarian yang terbanyak.
riset seo
Untuk mengenali kompetitor anda, anda bisa cocokkan dengan mengetikkan kata kunci anda tersebut di google.
seo
2. Optimasi SEO On-Page
Berikutnya benahi situs web anda agar mengikuti kaidah algoritma search engine, termasuk dengan menanamkan keyword-keyword anda. Pada optimasi on-page ini meliputi
  • memasukkan keyword pada title tag. Jumlah karakter pada title tag ini kalau bisa tak lebih dari 70 karakter.
  • memasukkan keyword pada Meta description. kalimatnya maksimal 156 karakter.
  • maksimalkan internal link building
  • Gunakan juga header tags
  • Masukkan juga keyword anda pada gambar dan ALT tags
3. Optimasi SEO Off-page
Pada optimasi off page, optimasi yang anda lakukan di luar web anda untuk mendapatkan backlink yang menuju web anda. jenis backlink ini bermacam-macam, seperti backlink dari social bookmark, dari social network, backlink dari web lain, dari memasukkan artikel di ezine, atau dari backlink komentar seperti yang banyak dilakukan teman-teman dengan berkomentar di blog ini. :)
Selanjutnya, anda harus jalankan hal tersebut secara berkelanjutnya, dan jangan lupa untuk memantau hasilnya. Kalau minggu kemarin misalnya web anda masih bertengger di halaman 10 untuk kata kunci anda, dan minggu ini sudah naik ke posisi ke-8, berarti ada kemajuan dari SEO yang anda lakukan.
Yang jelas, SEO ini tak bisa instant. Harus dilakukan bertahap dan berkelanjutan. Kalau ingin yang cepat, bisa gunakan iklan PPC.
Yang jelas lagi, anda harus siap untuk perubahan algoritma yang bisa mengguncang atau bahkan meluluhlantakkan posisi web anda. So, anda harus terus belajar mengenai tips-tips seo terbaru dan mengikuti perkembangan dari search engine.