Jumat, 27 September 2013

Apa Perlunya Pasang Alexa Toolbar?

Terhadap pertanyaan sesuai judul tulisan ini saya punya satu jawaban sederhana saja. Apa itu? Agar blog kita terjaga rankingnya sesuai dengan harapan. Dengan dipasangnya Alexa Toolbar di blog, kita bisa pantau secara harian ranking blog kita. Turun atau naikkah?

Percayalah, rank yang tertera itu memicu kita sebagai blogger untuk terus memperbaikinya. Ingin terus merampingkannya. Ingin terus meningkatkan hit dari pengunjung.

Well. Jika demikian, apa yang harus dilakukan agar rank blog kita bisa ramping? Berikut ini ada beberapa tips yang sudah saya coba.

1. Pada saat mau posting, pastikan tulisan-tulisan di blog kita di-update secara berkala. Lebih sering lebih baik. Dan yang lebih penting adalah kontinyu.
2. Pilihlah tulisan dengan tema-tema yang menarik. Buat judul yang membuat penasaran untuk terus mengikutinya. Dan Pastikan tulisan itu membawa manfaat bagi pembacanya.
3. Saat era social media (soc-med) seperti dewasa ini begitu massive-nya, maka kita bisa manfaatkan dengan membuat tulisan-tulisan yang sedang 'trend' di soc-med tersebut.
4. Pada saat publikasi tulisan / posting, jangan lupa juga dishare melalu multi channels yang tersedia. Misalnya dengan Google+.
5. Khusus pada twitter, jangan lupa minta bantuan RT (Retweeted) kepada public figures yang banyak followers-nya. Ini sangat membantu meningkatkan jumlah pengunjung.
6. Pada laman facebook kita juga bisa manfaatkan dengan meminta bantuan untuk di share oleh kawan-kawan yang banyak 'friends'nya.
7. Lakukan keenam tips tersebut dengan serius dan konsisten.

Saya sendiri ketika mencoba tips-tips tersebut, merasakan hasil yang luar biasa. Pada saat pertama kali mendaftarkan blog www.feribatahan.blogspot.com di link Alexa.com, rank pertama yang didapat adalah hampir di 20 jutaan. Selang satu bulan kemudian, dengan usaha yang gigih... hehehe,  akhirnya bisa di 2 jutaan.Sungguh lumayan, bagi pemula:)

Tapi biasalah, namanya juga manusia. Gak ada puasnya. Target saya dalam satu bulan ke depan tembus di 500ribuan rank global. Yakin bisa!

Bagaimana? Ingin mencobanya, silakan dipasang toolbar Alexa-nya melalui link ini.

Semoga bermanfaat.

---
Sila juga temukan artikel terkait lainnya:
Cara Mudah Kembali ke Yahoo!mail Classic
Manfaat Pasang Alexa Toolbar
Cara Pasang Alexa Toolbar di Firefox