Wednesday, August 1, 2012

“Proses Berpikir Kreatif Dalam Mencari Solusi”

1.   Persiapan (preparation):
Menyiapkan pikiran agar siap untuk berpikir kreatif. Termasuk bekal dalam persiapan adalah: meningkatkan pendidikan dan pengalaman kerja, banyak membaca, menyerap pengetahuan terus menerus, meningkatkan kemampuan mendengar, berdiskusi dengan orang lain.

2.   Penyelidikan (investigation):
Sebelum bisa menghasilkan gagasan atau pemecahan kreatif, seseorang harus meneliti seluk-beluk masalah yang dihadapinya, meneliti informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut.

3.   Konsentrasi (concentration):
Melakukan konsentrasi penuh terhadap masalah yang dihadapi  dengan berpikir mencari alternatif solusi kreatif dengan teknik kreatif  ATM-I (Amati, Tiru, Modifikasi, Inovasi) dan metode SCAMPER (Substitute, Combine, Adapt, Modification, Purpose, Elimination, Reverse).  

4.   Pengeraman (incubation):
Jika belum mendapatkan solusi alternatif yang terbaik, maka tindakannya adalah beralih sementara dari masalah yang sedang dihadapi, melakukan kegiatan lain, biarkan proses berpikir bekerja untuk mencari pemecahan kreatif tanpa disadari. Dalam hal ini seseorang bisa melamun, menghayal, santai. Masa pengeraman ini adalah mengkondisikan pikiran kreatif pada gelombang otak alpha: 7 - 13 cps dan theta: 3,5 – 7 cps. Tempat pengeraman tergantung selera pribadi yang penting mempercepat memasuki gelombang otak kreatif alpha atau theta misalnya didaerah pegunungan, pantai, cafe, kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain. atau menyendiri sejenak

5.   Penerangan/pencerahan (illumination):
Setelah melalui masa pengeraman, diharapkan akan timbul gagasan atau ide baru yang merupakan pemecahan kreatif dari masalah yang sedang dihadapi. Tahap “AHA” atau “Eureka” atau “Yes” artinya saya telah menemukan. Tahapan ini adalah bentuk ungkapan dan luapan emosi yang luar biasa ketika menemukan suatu ide bahkan sampai lupa akan dirinya telanjang lari ke jalan raya itulah pengalaman pencerahan Archimedes ketika menemukan hukum pertama hidrolistik saat dia sedang mandi.

6.   Pengujian (verification):
Menguji-cobakan gagasan ide kratif tersebut untuk mengetahui apakah gagasan baru tersebut dapat diterapkan dan praktis. Tentu pengujian ini menggunakan cara berpikir logis danb rasional

7.   Penerapan (implementation):
Pelaksanaan atau penerapan gagasan baru tersebut menjadi kenyataan sehingga masalah teratasi

_
Tulisan
Johnson Alvonco
dari milist trainers club indonesia