Wednesday, January 18, 2012

Analisa SWOT (Part 2)


Tujuan Analisa SWOT
• Mengungkapkan keunggulan kompetitif; perorangan / organisasi atau perusahaan
• Menganalisis prospek Anda
terhadap penjualan, profitabilitas dan pengembangan produk
Menyiapkan perusahaan atau organisasi terhadap berbagai kemungkinan masalah
• Memungkinkan untuk pengembangan rencana kontin
gensi
 
Analisa SWOT adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi poin-poin dibagian mana Anda kuat dan bagian mana Anda rentan – dibagian mana Anda harus membela dan kapan harus menyerang. Hasil dari proses ini adalah sebuah ‘perencanaan tindakan’, atau 'rencana tindakan’.

Analisa ini dapat dilakukan pada produk, pada layanan, pada perusahaan atau bahkan pada individu.
Bila dilakukan dengan benar, maka SWOT dapat memberikan GAMBARAN BESAR dari FAKTOR YANG PALING PENTING yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan KEMAKMURAN. 

Cara melakukan analisa SWOT
Terlepas dari apakah Anda atau tim Anda sedang merencanakan masa depan untuk produk tertentu, pekerjaan, pribadi atau daerah lain, proses analisis SWOT adalah sama.

• Langkah 1 - Pengumpulan Informasi.
Buatlah daftar semua kekuatan yang dimiliki sekarang. Kemudian pada gilirannya, buat juga daftar semua kelemahan yang dimiliki sekarang.
o Anda dapat melakukan wawancara
orang per orang. Atau melakukan brainstorming secara bersama. Namun, jika lebih banyak pesertanya tentu akan lebih baik hasil yang didapatkan.
o Anda pertama akan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan tertentu atau produk yang
Anda analisa. Anda akan menemukan beberapa pertanyaan dan masalah di bawah ini untuk membuat Anda melakukannya.
o Ketika
melakukan analisa SWOT – untuk memperoleh wawasan/penerangan dapat dilakukan melalui pertanyaan-pertanyaan dan cara-cara investigasi yang cerdas.

• Langkah 2 - Apa yang mungkin.
Buatlah daftar semua peluang yang ada di masa depan. Peluang adalah kekuatan potensial di masa depan. Kemudian pada gilirannya, buat juga daftar semua ancaman yang ada di masa depan. Ancaman adalah kelemahan potensial di masa depan.

• Langkah 3 - Rencana aksi ...
Review matriks SWOT Anda dengan tujuan untuk menciptakan sebuah rencana tindakan dalam menangani masing-masing dari empat area tersebut (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman).

Summary:
• Kekuatan perlu dipertahankan, dibangun
bahkan ditingkatkan.
• Kelemahan perlu diperbaiki, diubah atau dihentikan.
• Kesempatan perlu diprioritaskan, ditangkap, dibangun dan dioptimalkan.
• Ancaman perlu diatasi atau diminimalkan dan dikelola.

Sebuah analisa SWOT bisa jadi sangat subjektif, bahkan hanya untuk dua orang pun bisa juga terjadi perbedaan. Tidak jarang dua orang yang melakukan analisa SWOT dalam masalah yang sama, tidak bisa sampai pada hasil yang sama. Diakui atau tidak, analisa ini adalah alat yang sangat baik, terutama, dalam melihat faktor-faktor negatif kemudian berusaha mengambil langkah-langkah untuk mengubahnya menjadi faktor positif.