Sabtu, 10 Desember 2011

20 Gejala Menurunnya Prestasi


Jika Anda saat ini adalah berpredikat sebagai seorang leader atau manager yang memimpin beberapa karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja, tentu saja selalu menginginkan karyawan atau teamnya tersebut memperoleh pencapaian performansi yang baik yang pada ujungnya mencapai sasaran KPI (Key Performance Indicator) yang sudah ditetapkan. Untuk memastikan performansi yang baik dengan prestasi yang baik dapat tercapai tentu Anda semua sudah memiliki check list dalam proses monitoringnya. Check list atau daftar periksa inilah yang penting untuk jadi tool yang akan membantu Anda melakukan pengawasan program/ kinerja. 

Jika segala sesuatunya berjalan lancar, tentu saja tidak ada masalah. Lain cerita jika banyak ketidaksesuaian yang dilakukan oleh karyawan Anda. Kinerja bisa jadi tidak maksimal. Hasil pun menjadi tidak mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Kondisi seperti ini tentu tidak diinginkan. Bahkan wajib dan harus dihindari. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Saya mengajukan hal berikut yang diharapkan bisa membantu para manager/ leader untuk menghindari kemungkinan performansi yang tidak baik. Buatlah daftar periksa terhadap kinerja karyawan dengan memperhatikan 20 gejala menurunnya prestasi berikut ini*:

1.       Produktifitas berkurang
2.       Kualitas kerja menurun
3.       Tidak bisa menepati jadwal
4.       Melakukan berbagai tugas yang tidak penting, tetapi menunda tugas yang penting
5.       Menghindar dari penugasan yang lebih menantang
6.       Tidak dapat memfokuskan diri pada tugas-tugas yang penting
7.       Kacau
8.       Menggantungkan diri pada orang lain\
9.       Sering meninggalkan pekerjaan tanpa izin
10.   Menolak penugasan
11.   Sering absen
12.   Tidak mimiliki inisiatif
13.   Kurang persiapan untuk menghadapi rapat maupun presentasi
14.   Selalu mengeluh
15.   Tidak mempunyai hubungan baik dengan pelanggan
16.   Melempar kesalahan pada karyawan lain
17.   Selalu membela diri
18.   Tidak mau bekerjasama dengan karyawan lain, begitu pula sebaliknya karyawan lain tidak mau bekerjasama dengannya
19.   Membesar-besarkan masalah sepele
20.   Cepat marah, selalu komplain tentang pekerjaan

Demikianlah 20 gejala menurunnya prestasi karyawan yang perlu dimonitoring oleh para manager dan leader. Jika sudah banyak ditemukan terjadi di team Anda, maka bisa berdampak sangat tidak baik kepada pencapaian perusahaan. Diharapkan dengan mengetahui gejala-gejala awal ini, para manager dan leader bisa dengan cepat melakukan tindakan pencegahan bahkan perbaikan, sehingga prestasi karyawan dan kinerja team secara keseluruhan tetap baik. Disinilah letak pentingnya daftar periksa tersebut. Karena akan sangat membantu para manager dan leader sedari awal sebelum kinerja atau prestasi teamnya benar-benar menurun. 

Semoga bermanfaat. Salam sukses!
*20 gejala diambil dari modul CCM (M2VP)
*picture is powered by google

Bandung, 10 Desember 2011
Temukan juga di: Kompasiana