Thursday, October 14, 2010

Heroic Leader

Melihat berita tentang penyelamatan rombongan pekerja tambang di Chile yang terjebak di kedalaman bumi hampir 600 meter, mendatangkan banyak inspirasi bagi jutaan manusia di dunia. Termasuk kita yang ada di negeri ini, negeri Indonesia yg sering mengalami bencana yg berkaitan dengan alam. Betapa tidak terinspirasi, untuk menyelamatkan 33 pekerja itu pemerintahan Chile begitu sigap dengan kucuran dana yg banyak demi penyelamatan. Selain dana, pemerintah juga menyiapkan team penyelamat terbaik. Keselamatan nyawa warganya memang sangat diperhatikan.

Selain perhatian dan penyelamatan dari pemerintahnya, kita juga terharu dan salut akan semangat hidup para pekerja yg terjebak di terowongan itu. Lebih dari 2 bulan mereka mampu survive dengan resources yg sangat terbatas.

Dan saya sendiri sangat salut terhadap pemimpin pekerjanya. Dari 33 orang yang diselamatkan, sang leadernya ini memilih untuk diselamatkan paling akhir. Dia lebih mendahulukan keselamatan team-nya. That's what we call heroic leadership!

Adakah rasa kepemimpinan seperti itu pada pemimpin negeri ini, atau apakah ada dalam diri kita masing-masing? Semoga!